Kamis, 19 Februari 2009

YAKOBUS anak Alfeus : Refleksi Seorang Murid Kristus

Tidak ada keterangan apapun tentang sosok ini, kecuali catatan bahwa ia adalah murid Yesus (Matius 10:3; Markus 3:18; Lukas 6:15; Kisah Para Rasul 1:13).
Mengapa Alkitab tidak menguraikan sosok ini dengan lebih detail? Apakah karena sosok ini dianggap kurang penting dibandingkan murid-murid lainnya? Tidak ada yang tahu dengan pasti mengapa penulis Alkitab tidak memberikan keterangan yang lebih banyak tentang tokoh ini.
Tapi, satu hal yang pasti, tidak ada tokoh Alkitab yang tidak penting di mata Tuhan. Setiap tokoh Alkitab, termasuk Yakobus anak Alfeus, memiliki peran yang sama pentingnya di dalam rencana keselamatan Tuhan. Tidak ada tokoh yang lebih penting dari tokoh lainnya.
Demikian pula dengan diri kita. Di mata Tuhan, setiap orang percaya adalah sama. Tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih rendah. Perbedaannya hanya terletak pada peran dan tanggung jawab kita dalam rencana Tuhan (1 Korintus 12:27-30). Karena itu, tidak seorangpun boleh menyombongkan diri dan memandang rendah orang lain.
Sebaliknya, kita harus belajar untuk menghargai orang lain, meski, di mata kita, orang itu terlihat tidak penting atau tidak memiliki kelebihan apapun (1 Korintus 12:21-26).

Tidak ada komentar:

Google
WWW Blog ini