Kamis, 19 Februari 2009

SIMON, orang Zelot : Refleksi Seorang Murid Kristus

Tidak banyak keterangan tentang sosok ini, selain sebutan “orang Zelot”. Apa maksudnya orang Zelot? Zelot adalah sebuah partai radikal dan sangat revolusioner, yang berusaha mengusir penjajah Romawi dan memulihkan Kerajaan Israel dengan menggunakan pedang.
Berdasarkan keterangan ini, kita bisa menyimpulkan kalau Simon adalah anggota dari salah satu kelompok fanatik Yahudi.
Keberadaannya bersama dengan Matius, pemungut cukai, dalam satu lingkaran persekutuan pengikut Kristus sangat tidak biasa. Karena keduanya berasal dari dua kelompok yang berbeda, bahkan bertolak belakang. Matius bekerja kepada pemerintah Romawi, sedangkan Simon berusaha menyingkirkan bangsa Romawi.
Namun, perbedaan inilah yang membuat persekutuan mereka terasa indah. Meski mereka berasal dari dua kelompok yang berbeda, dengan dua kepentingan yang berbeda, setelah mengenal Kristus, mereka mengesampingkan semuanya, bergandengan tangan sebagai satu keluarga, dan berusaha memuliakan nama Tuhan di tengah dunia ini.
Semangat yang sama, seharusnya, ada di dalam hati kita. Meski kita berasal dari latar belakang yang berbeda, tapi di dalam Tuhan, kita adalah satu keluarga yang memiliki panggilan yang sama, yakni memuliakan Tuhan di tengah dunia ini.
Karena itu, mari kita bergandengan tangan, melangkah bersama di dalam Tuhan, dan berusaha untuk memuliakan nama Tuhan dalam tiap langkah kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Google
WWW Blog ini