Rabu, 28 November 2007

Sungut-sungut (2)

Perikop ini tidak menjelaskan alasan mereka bersungut-sungut. Namun, saya yakin, keluhan ini muncul karena ada ketidakpuasan terhadap apa yang telah Tuhan berikan kepada mereka, entah makanan, hal-hal lainnya.
Ss, ketidakpuasan ini sangat wajar, apabila Tuhan tidak memberikan apapun buat mereka, dan membiarkan mereka menderita.
Tapi, masalahnya, Tuhan telah memberikan segala apa yang mereka butuhkan. Mereka minta makanan, Tuhan berikan Manna (Keluaran 16). Mereka minta air, Tuhan menyediakannya di Masa dan Meriba (Keluaran 17:1-7). Mereka butuhkan perlindungan, Tuhan berikan kemenangan saat Amalek menyerang (Keluaran 17:8-16).
Jadi, sangat aneh, kalau mereka merasa tidak puas dengan apa yang telah Tuhan berikan.
Namun, hal ini jadi tidak aneh, kalau orang-orang Israel ini punya mental ‘tuan’ yang meminta terus dilayani, tanpa mau melayani.
Padahal, sebagai umat Tuhan, mereka belum memberikan, atau melakukan apapun buat Tuhan. Tapi, mereka terus menerus menuntut Tuhan melakukan apa yang mereka inginkan.
Ss, ternyata mentalitas seperti ini masih ada sampai saat ini. Ada banyak orang Kristen yang menuntut tanpa pernah menunaikan tanggung jawab mereka sebagai umat Tuhan.
Ketika Tuhan tidak memberi apa yang mereka inginkan, mereka marah. Tapi, kalau Tuhan meminta mereka melakukan sesuatu, seribu alasan keluar demi menghindari permintaan tersebut.
Sungguh sangat ironis. Semoga kita segera sadar dan mau belajar untuk taat melakukan kehendak Tuhan dengan penuh sukacita.

Tidak ada komentar:

Google
WWW Blog ini